Saturday, June 22, 2013

Praktik Housekeeping Mahasiswa Akpar Semester 4 Di Hotel Jayakarta Lombok

Praktik housekeeping yang dilaksanakan pada hari Selasa,18 Juni 2013 di Hotel Jayakarta kemarin di ikuti oleh beberapa mahasiswa akpar dari semester 4. Praktik ini dipimpin oleh dosen Housekeeping yaitu Bapak Murdana , dalam praktik kali ini kami diminta untuk menunjukkan cara making bed secara perseorangan sebagaimana materi making bed yang sudah dijelaskan pada semester sebelumnya. Making bed merupakan salah satu tugas seorang housekeeper ketika melakukan cleaning room selain stripping , dusting , vaccuming , restocking dan refreshing , maka dari itu praktik ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan penangkapan pengetahuan housekeeping khususnya dalam hal making bed seperti yang sudah dipaparkan oleh dosen pengempu mata kuliah housekeeping.
  
Sebelum melakukan proses making bed , perlu dipersiapkan benda-benda sebagai berikut : first sheet, second sheet, third sheet, blanket, bed cover, pillow, pillow case, bad pad. Semua benda tersebut dibutuhkan pada waktu proses making bed.
Dalam proses making bed tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara sebab akan memakan banyak waktu dalam proses cleaning room dan juga akan menguras tenaga , maka dari itu ada tahapan-tahapan dalam proses making bed , yaitu sebagai berikut :1. Tarik bed terlebih dahulu agar mudah dalam proses making bed
2. Lepaskan linen-linen kotor
3. Angkat linen kotor masukan ke dalam kantong linen kotor, ganti dengan yang linen baru atau yang bersih
5. Kemudian tebarkan first sheet lalu masukan sudut paling atas di bagian kepala saja dulu
6. Tebarkan second sheet dengan posisi jahitan sheet menghadap ke atas dan bagian atas sheet tepat dipinggir matras
7. Tebarkan blanket dengan ujung tepat di atas second sheet, kemudia sheet diturunkan
kurang lebih 40 cm
8. Tebarkan third sheet sehingga menutup blanket kemudian lipat bersama dengan
second sheet dan blanket sebanyak 2 lipatan kemudian lipatan tersebut dimasukan ke dalam bed lalu kencangkan serta rapikan
9. Semua bagian sheet yang masih diluar kemudian di masukkan ke dalam bed , kencangkan dan rapikan
10. Pasang pillow dan letakan pillow di kedua sisi dengan lubang pillow menghadap ke dalam
12. Setelah semua selasai , dorong kembali bed ke posisi semula

Dalam proses ini dibutuhkan fisik dan keterampilan dalam making bed agar mempermudah dan menghemat waktu seorang housekeeper , maka dari itu praktik ini sangat penting dilakukan untuk mengukur seberapa cepat dan terampilnya mahasiswa semester 4 dalam making bed sebab sebentar lagi mereka akan menjalani masa on the job training di hotel yang mereka pilih.

 




No comments:

Post a Comment